This is me

Foto saya
padang, sumatera barat, Indonesia
orang' : - calem - mudah bersahabat - berbakti pada orang tua, - dan sifat positif lainnya...
WELCOME TO GUSRYAN ZARI KHAMSYA'S BLOG

Kamis, 06 Mei 2010

Apa yah teknologi itu.......?


1. APA ITU TEKNOLOGI
Teknologi berasal dari bahasa Yunani, tekhnologia (tekhno: seni atau pekerjaan tangan; logia: area studi), sehingga secara harfiah berarti studi atau ilmu pekerjaan tangan. Teknologi dapat mengacu pada beberapa hal, yakni:
ü Aplikasi (penerapan) peralatan dan metode untuk proses produksi
ü Metode penerapan pengetahuan atau peralatan teknis
ü Mesin dan sistem yang dianggap sebagai seperangkat
ü Sekumpulan pengetahuan dari suatu masyarakat atau kebudayaan yang bersifat praktis (terapan).
Dari empat acuan di atas, maka teknologi dapat diartikan sebagai sekumpulan prinsip, pengetahuan, dan cara yang dianut masyarakat mengenai penggunaan atau penerapan ilmu alam (sains) dan peralatan-peralatan yang dibuat umat manusia demi kemudahannya.
Teknologi adalah pengembangan dan penggunaan dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya.
2. PERBEDAAN TEKNOLOGI DENGAN TEKNIK
Teknik (Inggris: technique) adalah prosedur, cara penanganan, atau keterampilan yang digunakan untuk suatu pekerjaan tertentu. Dalam konteks teknologi, teknik mengacu kepada penerapan prinsip-prinsip sains (ilmu alam). Teknik juga merupakan penerapan ilmu dan teknologi untuk menyelesaikan permasalahan manusia. Hal ini diselesaikan melalui pengetahuan, matematika dan pengalaman praktis yang diterapkan untuk mendesain objek atau proses yang berguna. Para praktisi teknik profesional disebut Insinyur (Sarjana Teknik).
Menurut David L. GOETCH : people tools, resources ,to solve problems or to extend their capabilities. Sehinga teknologi dapat dipahami sebagai “upaya” untuk mendapatkan suatu “produk” yang dilakukan oleh manusia dengan memanfaatkan peralatan (tools), proses dan sumber daya (resources). Dalam pandangan Management of Technology, Teknologi dapat digambarkan dalam beragam cara:
Ø Teknologi sebagai makna untuk memenuhi suatu maksud di dalamnya terkandung apa saja yang dibutuhkan untuk merubah (mengkonversikan) sumber daya (resources) ke suatu produk atau jasa.
Ø Teknologi tidak ubahnya sebagai pengetahuan, sumberdaya yang diperlukan untuk mencapai suatu tujuan (objective).
Ø Teknologi adalah suatu tubuh dari ilmu pengetahuan dan rekayasa (Engineering) yang dapat diaplikasikan pada perancangan produk dan atau proses atau pada penelitian untuk mendapatkan pengetahuan baru.
Jadi, jelaslah bahwa teknologi lebih kompleks dari pada teknik dalam aspek yang lainnya. Seperti menurut Thomas P. Hughes dalam papernya Technological History and Technical Problems mengatakan: Other factors embedded in technology besides technical are the economic, political, scientific, sociological, psycological, and ideological. Technology usually has the structure of goal-seeking, problem solving, open system. (Hughes dalam Starr and Ritterbush (ed.), Science, Technology and Human Prospect, Pergamon Press, New York, 1979, hal. 142)

1 komentar: